
Kahoot! Merupakan pembelajaran berbasis game yang berasal dari Norwegia dan didirikan pada tahun 2012 oleh Johan Brand, Jamie Brooker dan Morten Versvik. Mereka menciptakan Kahoot dalam sebuah proyek bersama dengan Norwegian University of Science and Technology, bekerja sama juga dengan Professor Alf Inge Wang serta bergabung dengan pengusaha Norwegia, Asmund Furuseth.
Kahoot adalah platform yang dapat digunakan oleh kreator untuk membuat, berbagi, dan memainkan game dalam bentuk kuis. Sebagai pembelajaran berbasis game, Kahoot berupaya meningkatkan keterlibatan, konsentrasi, dan motivasi peserta didik dengan menggunakan desain dan elemen game di lingkungan belajar. Kahoot merupakan platform ideal untuk pembelajaran jarak jauh.
Fitur-Fitur Kahoot
Kahoot memiliki beberapa fitur yang bermanfaat untuk aktivitas pembelajaran, diantaranya:
- Creator

Sistem Kahoot yang tergolong sederhana, sehingga pembuatan kuis dapat dilakukan dalam waktu yang relatif cepat. Selain itu, terdapat template dan question bank yang menyediakan berbagai pertanyaan yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kuis. Untuk meningkatkan interaktivitas, dapat menambahkan gambar atau video ke dalam kuis. Jika ingin bergabung ke dalam permainan, maka partisipan perlu memasukkan pin khusus yang diberikan oleh kreatornya.
- Gameplay

Kreator dapat membuat kuis mereka sendiri atau dapat memanfaatkan berbagai kuis yang telah tersedia untuk digunakan secara gratis. Kahoot menyediakan berbagai form kuis berbasis game, seperti multiple choice, true or false, dan lainnya. Terdapat mode kuis yang menggunakan pengatur waktu dimana partisipan harus menjawab pertanyaan sebelum waktu berakhir, tetapi bisa juga memilih untuk mematikannya. Jika partisipan menjawab pertanyaan dengan benar lebih cepat maka akan mendapatkan skor yang lebih tinggi. Saat permainan selesai, akan menampilkan halaman podium dengan para pemenang. Jika menggunakan Kahoot Premium atau berbayar, maka dapat mengkombinasikan beberapa tipe pertanyaan dalam satu kuis, mendapatkan gambar yang memiliki kualitas tinggi, berkolaborasi dengan kreator lain, memberikan analisis laporan yang lebih detail, dan dapat bermain dengan jumlah partisipan yang lebih banyak.
- Reports and Assessment

Poin diberikan berdasarkan jawaban yang benar dan metrik lainnya. Setelah menyelesaikan kuis, skor dapat dilihat langsung dan memungkinkan untuk mengunduh laporannya. Dengan adanya analisis hasil tersebut, dalam hal ini guru dapat melihat mana yang menjadi kesulitan bagi peserta didiknya, sehingga dapat meningkatkan kompetensi pada bagian tersebut.
- Membuat Lesson Plan

Seperti menambahkan topik dalam bentuk PDF atau mengimport file Powerpoint pada Kahoot. Lalu, bisa mengakses basic slide, yang berfungsi untuk menginput gambar yang dibawahnya bisa menambahkan sebuah teks penjelasan.
Kelebihan Kahoot
- Dengan membuat akun, kreator atau partisipan sudah dapat mengakses Kahoot secara gratis. Akun tersedia dalam beberapa tipe dan tujuan, seperti akun untuk profesional, guru, murid, dan keluarga atau teman, serta pilihan tujuan sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk sekolah, pendidikan tinggi, bisnis, dan administrasi sekolah.
- Dapat diakses dalam bentuk aplikasi yang tersedia dengan versi iOS dan Android, juga dapat diakses melalui web tanpa mengunduh.
- Kahoot dapat diakses melalui platform digital dan dalam berbagai perangkat, seperti smartphone, laptop, dan tablet. Bahkan dapat dimainkan dari jarak jauh melalui platform seperti, Zoom, Google Meet, dan sebagainya.
- Menyediakan berbagai kursus dalam beberapa kategori, seperti matematika, sains, pengetahuan umum, bahasa, seni, dan sebagainya. Terdapat beberapa pilihan kursus yang dapat diakses secara gratis.
- Mendapatkan feedback secara langsung melalui report.
Kelemahan Kahoot
- Memerlukan jaringan internet yang baik.
- Ada beberapa fitur yang harus berbayar untuk dapat mengakses.
- Memungkinkan partisipan atau peserta didik mengakses aplikasi lain, seperti media sosial.