Sumber belajar digital merupakan sumber belajar yang dikelolam melalui bantuan teknologi digital yang dapat diakses dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran di era saai ini semakin dipermudah karena adanya bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM), Kementerian Pendidikan Nasional memiliki tugas dan fungsi untuk mengembangkan, membina, serta mengevaluasi kegiatan di bidang teknologi pendidikan serta pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pendidikan. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran di era saat ini mempengaruhi cara pandang pendidik dan mengubah cara belajar peserta didik. Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak jauh yang telah ada sejak lama, telah dikembangkan semenjak awal berdirinya Pustekkom dengan memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi, salah satunya adalah Siaran Radio Pendidikan.
Suara Edukasi merupakan siaran radio pendidikan yang telah diselenggarakan Pustekokom sejal bulan Januari 2009. Siaran Suara Edukasi menjadi salah satu platform belajar digital dengan format audio yang diselenggarakan untuk menjadi sebuah siaran radio yang dapat dimanfaatkan sebagai media alternatif sumber belajar guna mencapai tujuan pendidikan Nasioal. Siaran Suara Edukasi dapat diakses melalui link https://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/. Suara Edukasi juga berfungsi sebagai bentuk penyiaran publik yang tidak hanya menyajikan materi pembelajaran dan informasi pendidikan, namun juga menjadi sarana informasi yang mendidik dan mencerdaskan.
Terdapat banyak sekali fitur yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya dalam menggunakan platform Suara Edukasi, diantaranya: 1) On-Air Streaming, yang menyajikan berbagai program acara seperti Sapa Edu, Kita Perlu Tahu, Talk Show “Bintang Edu”, Suara Rohani, dan lain-lain; 2) Jadwal, fitur ini daat dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengetahui jadwal acara siaran di Suara Edukasi; 3) Podcast sesuai jenjang pendidikan (PAUD, SD, SMP, SMA, Universitas, dan Umum); 4) Siaran Ulang, yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya yang ingin mendengarkan ulang program yang terlewat, dan; 5) Berita, yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengetahui informasi terbaru yang berkaitan dengan dunia pendidikan.
Sebagai pengguna, tentu kita harus mengetahui bagaimana cara untuk memanfaatkan platform Suara Edukasi dalam pembelajaran. Pengguna cukup menekan tombol “play” pada halaman utama website seperti gambar berikut.

Selain itu, pengguna juga dapat mengakses podcast sesuai dengan jenjangnya. Melalui siaran Suara Edukasi tersedia konten disesuaikan dengan jenjangnhya dimulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, Universitas, hingga Umum. Pengguna tinggal menyesuaikan dengan konten yang diinginkan.

Berdasarkan penjelasan sebelumnya didapatkan bahwa sumber belajar diggital berbasis audio atau podcast memiliki beberapa keunggulan (Indriastuti & Saksono, 2015), diantaranya: 1) Selain menyajikan siaran yang sifatnya pembelajaran, Suara Edukasi juga menyajikan siaran yang sifatnya menghibur; 2) Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu; 3) Dapat menjangkau sasaran yang lebih luas; 4) Dapat menggugah imajinasi pendengarnya; 5) Memungkinkan pengguna memiliki akses untuk mengunduh maeri beruba bahan ajar audio; 6) Konten lebih dinamis, dan 7) Mendidik dan mencerdaskan.


Disamping keunggulan yang dimilikinya, sumber belajar Suara Edukasi yang bersifat audio memiliki beberapa kekurangan (Ernanida & Al Yusra, 2019; Munadi, 2013), diantaranya meliputi: 1) Beberapa siara Suara Edukasi tidak dapat di play; 2) Ketersediaan konten yang dimiliki Suara Edukasi masih terbatas; 3) Design halaman utama website Suara Edukasi yang dapat membingungkan penggunanya; 4) Sifat komunikasinya satu arah; 5) Hanya mengandalkan satu indera.
DAFTAR PUSTAKA
Ernanida, E., & Al Yusra, R. (2019). Media audio visual dalam pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101–112. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333
Indriastuti, F., & Saksono, W. T. (2015). Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcasts As Audio-Based Learning Resources. Jurnal Teknodik, 18(1), 304–314. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.136
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi GP Press Group.
Suara Edukasi. (n.d.). Retrieved November 10, 2022, from https://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/