Tips Memilih Buku Bacaan untuk Jenjang SD dan SMP

Homepage (kemdikbud.go.id)

Membaca buku adalah kegiatan positif yang seharusnya dilakukan secara rutin. Terbukti bahwa orang yang memiliki kebiasaan membaca yang tinggi pasti memiliki wawasan yang luas, membaca dapat juga membuat seseorang mengenal, mengetahui sertamemahami apa yang belum dikenal, diketahui dan dipahami (Saleh, 2014). Ada berbagai jenis buku bacaan yang bisa dibaca, mulai dari novel, kumpulan cerpen, pemikiran tokoh dan lain sebagainya. Semua jenis bacaan akan bermanfaat jika diterapkan sesuai jenjangnya. Buku berjenjang adalah buku bacaan yang disusun berdasarkan tingkat kemampuan membaca setiap individu.

Untuk itu, anak memerlukan buku-buku yang sudah disesuaikan dengan kemampuan membaca mereka atau lebih dikenal dengan buku bacaan berjenjang.

Lalu, bagaimana cara menentukan bacaan yang cocok untuk anak sesuai usianya? Berikut 4 (berapa) tips memilih buku bacaan yang cocok.

  1. Usia 2-4 tahun adalah masa penguasaan bahasa dan bacaan anak yang tepat adalah yang berplot
    sederhana dengan gambar cerita yang jelas dan menarik, serta karakter dan penceritaan yang
    akrab.
  2. Kecakapan bahasa anak usia 5-7 lebih kompleks dan simbolik, dan mulai peduli dunia sekitar. Bacaan yang tepat untuk usia ini adalah buku novel pendek bergenre fantasi, humor, dan mengeksplor pengalaman baru.
  3. Kemampuan berpikir anak usia 8-11 cenderung lebih fleksibel dan mampu melihat perspektif beda. Bacaan yang mengeksplorasi identitas, dilema, dan misteri umumnya digemari mereka.
  4. Anak usia 12 ke atas mulai memiliki karakteristik orang dewasa, dalam logika berpikir dan ketertarikan seksual. Masa ini juga ditandai dengan adanya ketegangan antara keinginan menjadi diri sendiri dengan tekanan sosial dan rekan sebaya. Bacaan fantasi masa depan, nilai moral yang ambigu, serta isu sosial dan seksualitas akan membantu anak di pra-dewasa ini menyalurkan proses imajinasi dan memaknai pengalaman mereka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *