Selama kita kuliah, kita tidak akan terlepas dari file-file seperti file tugas, file buku, catatan perkuliahan, dan lainnya. Agar semua file tersebut tidak berantakan dan sulit untuk ditemukan, kita harus mengelolanya dengan baik. Oleh karena itu, berikut tips mengelola tugas dan catatan perkuliahan kita.
1. Mengorganisasi Folder
Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan mengorganisasi folder perkuliahan. Folder dapat dibuat per-semester kemudian per-mata kuliah dan di setiap folder mata kuliah tersebut organisasikan lagi tugas-tugas dengan memasukannya ke folder masing-masing. Berikut gambaran struktur foldernya.
📂 Semester 1
├── 📂 Mata Kuliah 1
│ ├── 📂 Buku
│ ├── 📂 Tugas 1
│ ├── 📂 Tugas 2
│ └── 📂 Tugas 3
└── 📂 Mata Kuliah 2
├── 📂 Buku
├── 📂 Tugas 1
├── 📂 Tugas 2
└── 📂 Tugas 3
Setelah membuat struktur folder yang sesuai dengan kebutuhan kita, kita juga perlu menamai folder tersebut sesuai dengan isinya. Contohnya dalam menamai folder tugas, kita perlu mencantumkan juga tentang apa tugas tersebut agar sewaktu-waktu dibutuhkan, kita dapat menemukan tugas itu dengan mudah.
2. Menggunakan Cloud Storage

Gunakan cloud storage seperti Google Drive, OneDrive, dll. untuk membackup file perkuliahan dan tugas. Selain membuat file perkuliahan kita aman tanpa takut kehilangan, kita juga dapat mudah mengakses file kita melalui handphone atau melalui perangkat lain selama perangkat tersebut dapat mengakses internet.
Beberapa cloud storage dapat digunakan secara gratis walaupun terdapat batasan dalam kapasitasnya. Tetapi dalam beberapa universitas, kita dapat menggunakan Google Drive dengan kapasitas tak terbatas jika menggunakan email universitas. Kita dapat mendownload aplikasi Google Drive di perangkat kita disini agar setiap file perkuliahan kita secara otomatis tersimpan di Google Drive.
3. Menggunakan Aplikasi Pencatat

Aplikasi pencatat seperti OneNote atau Notion dapat memudahkan kita dalam mencatat materi perkuliahan ataupun mencatat daftar tugas agar lebih terorganisasi. Kelebihan aplikasi pencatat dibandingkan dengan aplikasi menulis biasa seperti Microsoft Word adalah shortcut-shortcut yang dapat membantu kita memformat catatan kita agar rapih dan lebih cepat, selain itu kita juga dapat mengakses catatatan kita dimana saja dan kapan saja dengan perangkat yang terhubung ke internet.
4. Konsisten
Setelah semua pengelolaan kita telah lakukan, hal terakhir yang paling penting adalah konsisten. Kita harus selalu menempatkan file di folder khusus yang telah disediakan. Sekali dua kali kita lalai dalam menyimpan file akan menjadi kebiasaan dan akhirnya file berantakan tidak pada tempatnya sehingga kita akan lupa dan kehilangan file tersebut.
Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat dalam mengorganisasi file perkuliahan kamu. Dengan file perkuliahan yang terorganisasi, kita dapat dengan mudah mencari file tersebut jika kita butuhkan di lain waktu.