National Geographic for Kids : Mengenal Hewan

Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri atas beberapa komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Sebagai sebuah sistem, masing-masing komponen tersebut tentunya saling mempengaruhi dan akan memberikan dampak pada hasil belajar peserta didik. Salah satu komponen terpenting yang terdapat pada pembelajaran ialah sumber belajar. Menurut (Rusman, 20118, Hlm. 89) “Sumber belajar dapat diartikan sebagai segala bentuk atau segala sesuatu yang ada di luar diri seseorang yang bisa digunakan untuk membuat atau memudahkan terjadinya proses belajar pada diri sendiri atau peserta didik”. Sementara itu menurut Association for Educational Communications and Technology (AECT), menyatakan bahwa sumber belajar merupakan semua sumber baik yang berupa data, orang, atau benda yang dapat digunakan untuk memberi fasilitas belajar bagi siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa sumber belajar merupakan suatu sarana pengajaran yang ada di luar diri seseorang baik berupa data, barang, dan orang yang dapat digunakan dalam mempermudah proses pembelajaran baik digunakan secara mandiri atau berkelompok. 

Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya kemajuan teknologi yang terjadi saat ini, memberikan dampak yang signifikan pada perkembangan sumber belajar. Sumber belajar yang ada pada saat ini memungkinkan peserta didik untuk  mengakses dimana saja dan kapan saja. Sumber belajar yang dimaksud adalah sumber belajar digital. Sumber belajar digital merupakan sumber belajar yang dikelola melalui bantuan teknologi digital yang dapat diakses untuk pembelajaran. Contohnya, teknologi web dengan learning management system (LMS) (Purmadi & Lukitasari, 2017). Sedangkan menurut (Zehler, Miyaoka, Chaney, & Orellana, 2019) Sumber Belajar Digital  mengacu kepada sumber digital seperti aplikasi, perangkat lunak, program, atau situs web yang melibatkan peserta didik dalam pembelajaran dan mendukung tujuan pembelajaran peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa sumber belajar digital merupakan sistem yang dirancang secara sengaja yang didalamnya terdapat berbagai materi pembelajaran yang dikemas dengan berbagai format media dengan tujuan untuk memfasilitasi peserta didik agar memungkinkan pembelajaran secara mandiri maupun kelompok dimana saja dan kapan saja. Satu perbedaan yang jelas antara sumber belajar konvensional dengan sumber belajar digital adalah bahwa sumber belajar digital dapat bersifat interaktif, yaitu menerima dan menanggapi masukan dari pengguna pada saat yang bersamaan serta dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Salah satu contoh sumber belajar digital yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik adalah website national geographic for kids.

Website national geographic for kids adalah salah satu sumber pembelajaran digital online gratis yang disediakan oleh perusahaan National Geographic Partners, LLC yang mana perusahaan ini merupakan perusahaan gabungan antara The Walt Disney Company dan organisasi ilmiah nirlaba bernama National Geographic Society. Website ini memfokuskan pada pengetahuan-pengetahuan tentang satwa.

Fitur-fitur Website National Geographic for Kids

Terdapat beberapa fitur yang dapat dinikmati oleh pengguna pada website national geographic for kids ini, diantaranya;

  • Games, fitur yang menyajikan berbagai permainan yang terdiri dari beberapa jenis, seperti: puzzle, membuat sebuah cerita, aksi dan petualangan, serta menjodohkan. Permainan ini dikemas dengan semenarik mungkin dan terdapat tingkatan level dari yang mudah hingga yang sukar. Selain hal tersebut, terdapat pula pertanyaan-pertanyaan di beberapa permainan yang perlu dijawab terlebih dahulu oleh pengguna jika ingin melanjutkan level.
  • Video, fitur yang menyajikan berbagai macam materi dalam bentuk video yang berkaitan dengan fakta menarik dan momen-momen lucu hewan yang tak sengaja tertangkap kamera. Selain hal tersebut, dalam fitur video ini pula ditampilkan beberapa materi video berkaitan tentang penemuan aneh, fakta-fakta menarik yang terjadi di dunia serta video experiment yang dapat dipraktikan bersama baik di sekolah maupun di rumah.
  • Animal, fitur ini berisikan tentang berbagai jenis informasi hewan yang ada di seluruh dunia dari nama umum, nama ilmiah, jenis makanan, jenis hewan, rentang hidup, ukuran tubuh dan berat rata-rata hewan, tempat tinggal, benua-benua yang dapat ditemukan hewan tersebut dan juga karakteristik. Dalam fitur ini hewan-hewan telah diklasifikasikan berdasarkan karakteristik sehingga memudahkan pengguna untuk mengenali dan menghafal hewan-hewan tersebut. Selain dalam bentuk teks, terdapat pula dalam bentuk video di bagian akhir teks.
  • Explore More, fitur yang menyajikan berbagai penjelajahan lanjutan yang mana di dalamnya terdapat beberapa pilihan seperti; 1) Majalah yang memuat informasi terkait edisi yang akan diterbitkan; 2) Sejarah yang memuat berbagai peristiwa sejarah dan orang-orang terkenal dari masa lalu dengan artikel, video, dan game; dan 3) Ruang angkasa yang menyajikan berbagai fakta, foto, buku bacaan, dan games yang berkaitan tentang semua hal luar angkasa. 

Selain keempat fitur utama tersebut, terdapat pula beberapa fitur pendukung lainnya, diantaranya seperti; 1) Pencarian yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk mencari suatu hal yang diinginkan; 2) Tautan ke toko National Geographic yang dimanfaatkan oleh pihak terkait untuk memasarkan produk yang mereka buat dan kembangkan; dan 3) Terdapat sejumlah tautan untuk berlangganan majalah National Geographic Kids dan National Geographic Little Kids. 

Cara penggunaan website national geographic for kids ini sangatlah mudah, pendidik dan peserta didik dapat mengaksesnya pada laman berikut ini; https://kids.nationalgeographic.com/. Pengguna tidak perlu mendaftar apapun pada bagian awal sehingga siapapun dapat mengaksesnya secara terbuka dan gratis. Setelah memasuki laman web tersebut, pendidik dan peserta didik bisa langsung menggunakannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Kelebihan

  1. Tampilan pada website ini sangat sederhana dan juga rapi sehingga tidak membuat pengguna kebingungan saat memakainya.
  2. Mampu mendorong peserta didik untuk belajar tentang hewan-hewan di berbagai penjuru dunia tanpa ada batasan ruang dan waktu.
  3. Memungkinkan belajar secara mandiri.
  4. Mampu melatih peserta didik dalam berbahasa Inggris.
  5. Membantu pendidik mendapatkan sumber belajar yang cocok dengan pembelajaran mengenai hewan.

Kekurangan

  1. Di Setiap video tidak ada terjemahan setiap bahasa, hanya ada bahasa Inggris saja.
  2. Terdapat beberapa games yang kurang support saat digunakan pada smartphone.

Referensi

  1. Purmadi, A., & Lukitasari, D. (2017). Pengembangan Sumber Belajar Digital Berbasis Web Pada Mata Kuliah Kewirausahan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6-15.
  2. Rusman. (20118). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group (Divisi Kencana).
  3. Zehler, A. M., Miyaoka, A., Chaney, B., & Orellana, V. (2019). Supporting English Learners through Technology: What Districts and Teachers Say about Digital Learning Resources for English Learners Volume I: Final Report . Washington DC: Department of Education United States of America.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *